Minggu, 13 November 2016

JIKA BERHENTI ARTINYA MATI

Diposting oleh Rumah Kopi di 13.52

Selalu ada bisikan kecil yang mempertanyakan, apakah keputusan yang kuambil ini benar? Jika iya, kenapa ada perasaan gelisah seperti bentuk penyesalan yang tak kunjung sirna. Jika salah, mengapa Tuhan tidak membelokkan langkahku agar kakiku tidak sampai menginjakkan bumi Thailand.

Mengkalkulasi biaya hidup selama di negera ini, membuatku kian dirundung penyesalan. Tentang tetek bengek yang semuanya memaksaku merogoh kocek dalam. Tetapi aku punya alasan yang kuat mengapa aku memilih ke sini, waktu itu. Tentu saja bukan untuk bersenang-senang atau menghindari pertanyaan-pertanyaan perihal kepulanganku ke tanah air yang mendadak.

Bagaimana pun juga, sebagai seseorang yang mempunyai tanggung jawab besar atas kelangsungan hidup keluarga, tentu saja aku tidak boleh berhenti mengais rezeki. Tentu kalian tahu, jika aku berhenti, itu artinya mati. Lebih baik berjalan pelan, atau berbalik arah untuk sementara (bukan balik kampung, hanya sedikit memutar haluan dari tujuan semula) yang jelas aku harus terus berjalan. Yang aku tahu, sementara menunggu sebelum akhirnya kembali ke sana, aku bisa kerja parttime di sini. Iya, pekerjaan itu ada, namun sayangnya tidak bisa menutupi biaya hidup selama di sini.

Harusnya aku tidak perlu meratapi keputusanku sendiri sebab tujuanku jelas. Bukankah lebih baik berusaha dan mencoba melakukan sesuatu dari pada hanya diam tanpa berbuat apa-apa. Manusia akan lebih menyesal jika dalam hidupnya tidak banyak mencoba peruntungan. Aku masih dan akan selalu ingat bahwa hidup ini merupakan perjudian besar. Dalam permainan judi hanya ada dua kemungkinan, kalah atau menang. Dan kedua hal itu tentu saja hanya milik mereka yang berani mempertaruhkan modalnya. Jika tidak menang berarti kalah. Kekalahan saat itu bukan akhir dari segalanya. Kekalahan bisa ditebus dengan berusaha kembali meraih kemenangannya. Bertaruh lagi. Berjudi lagi.

Dimikian nyinyir kali ini. 😊

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rumah Kopi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting